Menyambut, Hari Bhayangkara Ke 75, Tim Penilai Polda Sulsel Lakukan Kunjungan Balla Ewako di Desa Parigi

Bagikan Berita

 3,860 total views,  2 views today

KABARPOLRI.COM, SULSEL – Tim Penilai Balla Ewako Polda Sulsel Lakukan Kunjungan Ke Desa Parigi Kecamatan Takkalalla Kabupaten Wajo Sulawesi selatan. Kamis (10/06/2021)

Kapolres Wajo AKBP Muhammad Islam A, S.IK. MM Mendampingi Tim Penilai Lomba Balla Ewako Polda Sulsel yang dipimpin oleh Kompol H. A. Ashari Bersama rombongan meninjau langsung kampung tangguh Balla Ewako di Desa Parigi Kecamatan Takkalalla Kabupaten Wajo Sulawesi selatan.

Kunjungan tersebut dalam rangka kesiapan, pengecekan dan tahap penilaian lomba Balla Ewako dimana Desa Parigi Kecamatan Takkalalla masuk kategori mewakili Polres Wajo menjadi salah satu peserta lomba Balla Ewako ditingkat Polda Sulsel.

Kesiapan Balla Ewako ini meliputi kemandirian pangan, kemandirian keamanan, kesiapan mencegah dan adanya tim reaksi cepat serta menanggulangi wabah covid-19, jelas AKBP Muhammad Islam.

Sementara Kapolsek Takkalalla IPTU Bambang Purwanto Bersama Muspika Kec. Takkalalla Dan Perangkat Desa Parigi Menerima Kunjungan Tim Penilai Kampung Tangguh Balla Ewako Polda Sulsel Dalam Rangka Hari Bhayangkara Ke 75 Tahun 2021 yang disambut dengan tarian adat.

Pada kesempatan tersebut Kapolsek Takkalalla IPTU Bambang Purwanto, kegiatan Lomba kampung tangguh Balla Ewako dalam rangka memperingati hari Bhayangkara ke 75 tahun 2021,kegiatan ini sebagai wadah memberi semangat kepada petugas posko relawan Covid-19 di desa Tabo Tabo sebagai garda terdepan dalam pencegahan dan penanganan Covid-19, ungkapnya.

Kegiatan dibuka oleh sekretaris camat Takkalalla kemudian dilanjutkan paparan Kepala Desa Parigi Hj. Yulia Yasmin, SE Dengan Judul “Desa Parigi Melawan Covid 19” Sehingga Dibentuklah “Kampung Tangguh Balla Ewako” di Desa Parigi Kec. Takkalalla Kab. Wajo Bekerja Sama Dengan Bhabinkamtibmas Dan Bhabinsa.

Hasil Dari Pembentukan Kampung Tangguh Balla Ewako di Desa Parigi, Ibu Kepala Desa Bekerja Sama Bhabinkamtibmas, Bhabinsa, Puskesmas Parigi Dan Masyarakat Melakukan Beberapa Kegiatan Antara Lain :

  1. Menyampaikan Himbauan Kepada  Seluruh Masyarakat Tentang Covid 19.
  2. Melakukan Penyemprotan Disinfektan di seluruh Masyarakat.
  3. Pembagian Sarana Cuci Tangan (Galon&Sabun) Kepada Masyarakat
  4. Pengecekan Suhu Tubuh Kepada  Masyarakat.
  5. Memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT – DD) Kepada Masyarakat dari Dana Desa Sesuai Juknis.
  6. Rutin Melaksanakan Kerja Bakti ditempat Umum Dan Pemukiman.
  7. Menyediakan Pelayanan Kesehatan 24 Jam.
  8. Memberikan Motivasi Kepada Masyarakat Agar Selalu Hidup Bersih.
  9. Tersedianya Media Informasi Yanng Mendukung Kegiatan.
  10. Memberikan Dukungan Kepada Pelaku Usaha Dengan Tujuan Untuk Menunjang Kebutuhan Pangan Dan Menunjang Ekonomi Masyarakat Seperti ( Pembuatan Biogas, Pembuatan Pupuk Kompos, Penanaman Sayur & Obat Keluarga, oleh Kelompok Tani, Budidaya Ikan, ayam petelur, peternak sapi dan industri tenun Sarung Sutra Serta Pembuatan Snack & Kerajinan Tangan Oleh Tim Penggerak PKK Untuk Dipasarkan).

Sehingga mulai dari munculnya wabah Virus Covid 19 sampai saat ini di Desa Parigi Kec. Takkalalla Kab. Wajo Mendapatkan Predikat Sebagai Desa Zona Hijau Yang Tidak Memiliki Kasus Covid 19.

Kemudian Tim Penilai Melakukan Pengecekan dan Penilaian Secara Langsung “Kampung Tangguh Balla Ewako” Desa Parigi Kecamatan Takkalalla Kabupaten Wajo.

Adapun yang hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya : Kapolres Wajo, Kasat Binmas Polres Wajo, Dinas Kesehatan Kab. Wajo, Kapolsek Takkalalla Polres Wajo, Danramil Takkalalla, Sekertaris Camat Takkalalla, Kepala Desa Parigi, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda, Bhayangkari, Persit dan PKK kecamatan Takkalalla. (Hy/Bs/Ar).

error: Content is protected !!