Sinergitas Tiga Pilar, Semprotkan Disinfektan Cegah Penyebaran Covid-19 Titik Prioritas Se-Kota Pasuruan

Kabar Polri
Bagikan Berita

504 total views, 3 views today

kabarpolri.com – Pasuruan – Jatim, Polri-TNI dan Pemerintahan Kota Pasuruan Provinsi Jawa Timur Bersama dan Personel Gabungan melakukan tindakan pencegahan infeksi karena langkah-langkah penyebaran COVID-19. Aksi penyemprotan tersebut dilaksanakan pada hari ini, Jum’at (27/03/2020).

Seluruh personel gabungan bahu membahu terlibat dalam kegiatan tersebut.

TNI-POLRI bersama Pemkota Kota Pasuruan  melakukan penyemprotan desifektan serentak di 16 wilayah kota, sebagai langkah pencegahan penyebaran COVID-19.⁣

Plt. Walikota Pasuruan Rahardjo Teno Prasetio, menyampaikan, ”Sesuai arahan serta himbauan pemerintahan pusat dan provinsi bahwa kepada masyarakat kiranya lebih baik berdiam diri di rumah, jangan terlalu banyak melakukann kegiatan kegiatan rumah diluar, jika memang tidak terlalu penting, sayangilah diri sendiri, saudara-saudara kita agar virus corona covid-19 dapat terputus mata rantai penyebarannya. Sering-seringlah mencuci tangan dan menghindari dari keramaian orang,” ujar teno.

Dalam aksi penyemprotan tersebut, personel gabungan baik dari Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan, Satpol PP, Dinas Pertamanan dan Hutan Kota, Dinas Perhubungan, dan PPSU, serta didukung oleh personel TNI maupun Polri, yang akan membantu kegiatan tersebut.⁣

Lebih lanjut Kapolres Pasuruan kota AKBP Dony Alexander, S.I.K., MH., yang di sampaikan oleh Kasubbag Humas AKP Endy Purwanto, SH., menambahkan “Kegiatan ini bertujuan untuk ekspansi penyebaran COVID-19 yang lebih luas ke ruang publik. Kami mengajak seluruh masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan dan jangan lupa untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah beraktifitas,” Tegasnya.

Tidak hanya itu saja, demi kenyamanan masyarakat pun diberlakukan. Pembatasan sosial (peraturan sosial) adalah peraturan perlindungan nonfarmasi yang memfasilitasi untuk memindahkan atau mencegah penyebaran penyakit menular. Masyarakat untuk menghindari hadir di pertemuan besar atau kerumunan orang. Jika harus berada di sekitar orang, jaga jarak dengan orang lain sekitar 6 kaki (2 meter).



Dengan himbauan untuk melakukan jarak sosial, bukan berarti kita tidak bisa bersosialisasi, lho! Kamu bisa banget hubungin teman / sodara / orang tua / pacar dan bertukar kabar tentang keadaan mereka terbaru.

Adapun rute titik lokasi prioritas yang dilakukan penyemprotan disinfektan pada hari Ini Jum’at (27 Maret 2020) sekira pukul 09.00 Wib Yaitu:
1. Jalan Balaikota
2. Jalan Kolonel Sudiono (Mayangan)
3. Sepanjang Jalan Ngemplakrejo
4. Sepanjang Jalan Tambakan
5. Sepanjang Jalan Gadingrejo
6. Sepanjang Gentong
7. Sepanjang Jalan Krapyak
8. Sepanjang Jalan Kebonagung dan Panglima Sudirman
9. Sepanjang Jalan Wironini
10. Sepanjang Jalan Sangar
11. Sepanjang Jalan Sumatera
12. Sepanjang Jalan Alun – Alun Kota Pasuruan (Kembali ke  Balaikota)
13. Sepanjang Jalan Dr Wahidin Utara dan Selatan
13. Sepanjang Jalan Dr Soedarsono (Purut)
14. Sepanjang Jalan Tembokrejo
15. Sepanjang Jalan Patiunus
16. Sepanjang Jalan Sultan Agung dan Kembali ke arah Jalan Balaikota (Kantor Dinas Pemkot Kota Pasuruan.

 

Kesehatan dan keselamatan merupakan prioritas utama, sebagai perlindungan untuk meningkatkan dan meningkatkan kewaspadaan warga masyarakat Kota dari potensi penyebaran COVID-19, di Wilayah Kota dan akan ditutup sementara untuk 14 Hari (dua pekan) kedepan.

Selanjutnya akan dilakukan peninjauan kembali dan tanya warga masyarkat untuk diinformasikan perkembangannya. Untuk sementara, jika tidak sangat mendesak, diharap tetap berdiam dan lakukan kegiatan dari rumah saja.

Sementara untuk memperbarui informasi, tentang perkembangan dan pengetahuan tentang COVID-19 di corona dapat menghubungi Posko Tanggap COVID-19 yang telah di siagakan.

 

Tetap aman! Jangan lupa selalu jaga kebersihan dengan mencuci tangan dengan benar dan tahan imunitas kesehatan. Pungkas AKP Endy Purwanto, SH., Selaku Kasubbag Humas Polres Pasuruan Kota. (Hy/Bs/Hz/Rh)