Putus Mata Rantai Covid-19, Kapolresta Optimalisasikan Kampung Tangguh di Kota Probolinggo

Kabar Polri
Bagikan Berita

279 total views, 3 views today

kabarpolri.com – Probolinggo – Jatim, Ditengah semakin merebahnya virus (Corona..red,) Polri-TNI dan Pemeritah bahu membahu dalam penanganan bersama upaya memutus mata rantai pandemi global Covid-19, khususnya Kota Probolinggo dan secara Nasional di seluruh wilayah Republik Indonesia.
Kapolres Probolinggo Kota AKBP Ambaridi Wijaya, S.I.K., SH., MH., dan Dandim 0820/Probolinggo, Letkol Inf Imam Wibowo SE., MI., Pol., beserta Para Pejabat Utama (PJU) Mapolres dan Forkopicam, Pujo Agung Satrio, S.STP., M.Si., selaku Camat setempat dalam menerapkan strategi optimalisasi ‘Kampung Tangguh’ bentuk tolak ukur pencegahan dini sekaligus upaya pememutusan mata rantai peredaran / penularan wabah Covid-19. Adapun kegiatan dilaksanakan di Kelurahan Pilang, Kecamatan Kademangan,
Kota Probolinggo – Jawa Timur.
Perlu diketahui bahwa, Kampung Tangguh ini dilaksanakan maksud dan tujuan agar masyarakat dapat menjaga lingkungan dan pemukimannya masing-masing bilamana ada tamu yang bukan warga / penduduk setempat terlebih orang yang sudah berusia lanjut  mempunyai riwayat sakit sesak nafas atau paru – paru yang ditengarai mudah terdampak penyakit Covid-19. Sehinga kita semua bisa saling menjaga tentunya tetap mentaati SOP protokol kesehatan dan kebijakan pemerintah guna kedisiplinan physical distancing, menjaga kebersihan lingkungan dan selalu menjaga agar kondisi tubuh kita tetap sehat.
Kampung Tangguh ditempatkan di Perumahan Bromo Permai Jalan Raya Bromo Rw. 3, Kelurahan Ketapang, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo dan diresmikan langsung oleh Kapolres Probolinggo Kota AKBP Ambaridi Wijaya S.I.K., SH., MH., Dandim 0820 Letkol Inf Imam Wibowo S.E, M.I.Pol, para PJU Polres dan dihadiri Camat Kademangan Pujo Agung Satrio, S.STP., M.Si. beserta segenap Forkopimcam setempat.
Diadakannya Kampung Tangguh ini berawal dari kebutuhan masyarakat adanya bencana non alam pandemi Covid-19. Kampung Tangguh ini juga merupakan kemandirian masyarakat Kelurahan Ketapang untuk saling membantu, saling mengingatkan supaya tidak terkena dampak Covid-19, baik sakit Covid ataupun dampak lainnya, seperti ekonomi dan sebagianya.
“Sehingga dengan terbentuknya Kampung Tangguh ini saya harapkan, terbentuk masyarakat yang mandiri, bisa saling tolong menolong dan membantu warganya,” ujar Kapolres Probolinggo Kota AKBP Ambariyadi Wijaya, S.I.K., SH., MH., Sabtu (23/05/20) sore usai meresmikan Kampung Tangguh tersebut.
Masih kata Kapolres Probolinggo Kota, berharap, dengan terbentuknya Kawasan Kampung Tangguh Kelurahan Ketapang ini bisa memotivasi terwujudnya Kawasan Kampung Tangguh di seluruh wilayah Kota Probolinggo.
“Sebenarnya ini terbentuk kebetulan kita memiliki visi dan misi yang sama. Dari Kepolisian hanya sebagai pemantiknya saja. Ternyata pak camat dan jajaran Forkopimcam Kademangan langsung menyambut dengan baik dan berjalan sesuai dengan rencana,” sambungnya.
Kita bersama berjuang wujudkan Kampung Tangguh ini dari hal yang terkecil. Dengan adanya Kampung Tangguh – Kampung Tangguh, akan membentuk Kecamatan Tangguh – Kecamatan Tanggul, dan akan membentuk Kota Tangguh ataupun Kabupaten Tangguh.
“Harapan saya, Kampung Tangguh ini tidak hanya sebatas sebagai media penyalur bantuan saja, tetapi saya mengharap kepanitiaan organisasi di Kampung Tangguh ini, yang dipimpin oleh camat bisa memberikan edukasi kepada masyarakat,” tuturnya.
Kapolres juga mengatakan, bahwa virus Corona ini belum tentu bisa musnah, mungkin nanti ke depan kita hidup bersama berdampingan dengan virus Corona. Seperti kita berdampingan dengan virus yang lain, seperti virus flu, campak, kolera dan lain sebagainya. Mungkin ke depan kalau ada orang sakit karena corona obatnya itu ada di warung-warung.
“Saya minta seluruh relawan yang ada di kampung tangguh ini bekerja sama, saling mengingatkan dan saling memberikan edukasi ke masyarakat,” pinta Kapolres.
Sementara Camat Kademangan Pujo Agung Satrio, S.STP., M.Si. mengatakan, Kampung Tangguh dalam rangka menghadapi pandemi Covid-19 ini adalah ide Bapak Kapolres Probolinggo Kota, AKBP Ambariyadi Wijaya, S.I.K., SH., MH.
“Dan Kampung Tangguh Kelurahan Ketapang ini semoga bisa menjadi pemicu munculnya kampung-kampung tangguh yang lain di Kecamatan Kademangan,” ungkapnya.
Didalam kawasan Kampung Tangguh ini, lanjut Pujo, juga ada lumbung pangan/lumbung bantuan. Dimana lumbung ini bisa dimanfaatkan ketika ada masyarakat yang memberikan bantuan.
“Kemudian bantuan itu kita salurkan kepada masyarakat yang membutuhkan,” jelas Pujo.
Disamping itu, sambungnya, dikawasan Kampung Tangguh juga didirikan Posko Siaga Covid-19, yaitu semacam posko pengaduan atau posko laporan.
“Sehingga warga masyarakat Ketapang ini bisa melaporkan ketika ada permasalahan di wilayahnya,” pungkasnya.
Dalam tahap awal berdirinya Kampung Tangguh Kelurahan Ketapang ini, Kapolres Probolinggo Kota, AKBP Ambariyadi Wijaya, S.I.K., SH., MH., juga menyerahkan bantuan sembako dan perlengkapan APD Covid-19 kepada Kampung Tangguh Kelurahan Ketapang. (Hy/Bs/Hz/Rh)