Home / Kabar Polda / Polda Metro Jaya berhasil Tangkap 4 Orang Penadah Kendaraan Tanpa Surat-Surat

Polda Metro Jaya berhasil Tangkap 4 Orang Penadah Kendaraan Tanpa Surat-Surat

Bagikan Berita

Kabarpolri.com – Jakarta,  Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Argo Yuwono. Sik.  Msi. mengatakan bawa Polda Metro Jaya berhasil menangkap 4 tersangka kasus penadahan dan tindak pidana jaminan Fidusia. Modus yang digunakan para pelaku adalah menerima kendaraan yang masih dalam proses kredit dan tertunggak, Kamis (14/03/2019).

Dalam aksinya, Kabid Humas Menjelasakan, pelaku menjual kendaraan tersebut tanpa dilengkapi dengan surat-surat.

“Selanjutnya para pelaku berinisial CH (33), JK (30), RP (28) dan JB (51) menjual kendaraan tersebut tanpa dilengkapi dengan identitas kendaraan,”ungkap Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya.

Unit 3 Subdit 6 Ditreskrium Polda Metro Jaya menangkap pelaku dan penjual dari kendaraan yang masih dalam proses kredit dan telah tertunggak angsuran kreditnya terhadap pihak leasing pada Senin, (11/2/19) sekitar pukul 01.15 WIB.

“Awalnya Unit 3 Subdit 6 Ditreskrimum Polda Metro Jaya dibawah pimpinan Kompol Wagino mendapatkan informasi dari masyarakat yang dapat dipercaya bahwa di lokasi Jalan TB Simatupang, Jakarta Timur (pom Bensin Pertamina) sering terjadi transaksi jual beli kendaraan bermotor yang dijual tanpa dilengkapi dengan identitas kendaraan,”ungkap Kombes Pol. Argo Yuwono.

“Berdasarkan informasi tersebut, anggota Unit 3 Subdit 6 Ditreskrimum Polda Metro Jaya yang dipimpin langsung oleh Kanit 3 Subdit 6 Ditreskrimum Kompol Wagino kemudian melakukan penyelidikan,” sambungnya.

Sekitar pukul 01.00 WIB, polisi berhasil mengamankan keempat tersangka dan didapatkan keterangan bahwa mereka menjual 1 unit mobil Toyota Vellfire seharga Rp 95.000.000 yang hanya dilengkapi dengan STNK.

“Berdasarkan keterangan tersebut maka terhadap keempat tersangka berikut dengan kendaraan sebagai obyek barang bukti dibawa ke kantor Kepolisian Polda Metro Jaya guna penyidikan lebih lanjut,” tegas Kabid Humas.

Dari penangkapan tersebut, polisi berhasil mengamankan barang bukti berupa 1 unit mobil Toyota Vellfire

Akibat dari perbuatannya pelaku akan dijerat Pasal 480 KUHP yang berbunyi:

“Dengan hukuman penjara selama-lamanya empat tahun atau denda sebanyak-banyaknya Rp 900, dihukum, pada ayat satu (1) berbunyi, karena sebagai sekongkol, barangsiapa yang membeli, menyewa, menerima tukar, menerima gadai, menerima sebagai hadiah, atau karena hendak mendapat untung, menjual, menukarkan, menggadaikan, membawa, menyimpan atau menyembunyikan sesuatu barang, yang diketahuinya atau yang patut disangkanya diperoleh karena kejahatan, dan pada ayat dua (2) berbunyi, barangsiapa yang mengambil keuntungan dari hasil sesuatu barang, yang diketahuinya atau yang patut harus disangkanya barang itu diperoleh karena kejahatan.”(hy)

About Redaktur Kabarpolri

Check Also

Seminar Nasional Tantangan Indonesia Pasca Pemilu 2019

Bagikan Berita  Kabarpolri.com – Surabaya – Seminar Nasional Dies Natalies ke 72 Tahun 2019 Perhimpunan …