Polda Metro Jaya Amankan 7 orang Tersangka Pemalsuan Surat Tes Swab PCR

Bagikan Berita

 174 total views,  2 views today

kabarpolri.com – Jakarta, Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya telah menangkap dan mengamankan tersangka kasus pemalsuan surat tes swab polymerase chain reaction (PCR) yang menjadi syarat untuk bepergian melalui jalur udara.

Jumlah tersangka yang berhasil diringkus terkait pemalsuan surat PCR sebanyak 7 orang.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Drs. Yusri Yunus mengatakan, Tersangka yang diamankan totalnya 7 orang yang melakukan aksi pemalsuan surat tes swab. Yang mana mereka ingin mencari keuntungan tanpa memikirkan kerugian yang dialami oleh penumpang lainnya

“Pelaku aksi pemalsuan surat tes swab ini mendapatkan keuntungan dari surat yang dijual mulai dari puluhan hingga ratusan ribu rupiah,” ,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (25/1/2021).

“Mereka menjual surat palsu tes swab ini mulai dari harga Rp75.000 untuk tes antigen, sementara tes PCR dikenai biaya Rp900.000,” imbuh Kombes Pol Yusri.

Kombes Pol Yusri menambahkan, para pelaku melakukan aksi pemalsuan surat tes swab PCR ini melalui media sosial.

“Dari hasil pengakuan tersangka, surat tersebut dijual melalui media sosial Facebook. Bahkan, beberapa di antaranya juga menawarkan surat dengan cara door to door,” ucap Kombes Pol Yusri.

Para pelaku juga kita kenakan pasal 35 Jo pasal 51 UU RI No. 11 tahun 2008 tentang Infomasi Transaksi Elektronik sebagaimana telah diubah dalam UU RI NO. 19 tahun 2016 tentang Infomasi Transaksi Elektronik dan atau pasal 263 KUHP dan atau pasal 268 KUHP,” pungkasnya.(hy/bs/fjr)

error: Content is protected !!