Peringati Puncak Hari Bhayangkara ke-74, Polres Balangan Gelar Upacara Secara Virtual

Kabar Polri
Bagikan Berita

108 total views, 3 views today

Kabarpolri.com – Balangan, Merebaknya Pandemi Covid-19 membuat Kepolisian Negara Republik Indonesia menggelar Puncak Peringatan Hari Bhayangkara ke-74 dengan konsep yang agak berbeda, tidak terkecuali Kepolisian Resor Balangan. Upacara pada tahun ini digelar secara terpusat melalui virtual atau live streaming dari Istana Merdeka Jakarta dengan Inspektur Upacara yaitu Presiden Joko Widodo, Rabu (01/7/2020).

Peringatan Hari Bhayangkara kali ini Polri mengusung tema “Kamtibmas Kondusif, Masyarakat Semakin Produktif”.

Jika sebelumnya Polres Balangan rutin menggelar Upacara Hari Bhayangkara di lapangan terbuka, untuk tahun ini kegiatan hanya diselenggarakan di Aula Pesat Gatra Mako Polres Balangan melalui media virtual dengan peserta Upacara yang dibatasi dan tetap memperhatikan protokol kesehatan ditengah situasi Pandemi Covid-19 ini.

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Kapolres Balangan AKBP Nur Khamid, S.H, S.iK, M.M dan dihadiri oleh Sekda Kab. Balangan, Ketua DPRD Kab. Balangan, Kepala BNN Kab. Balangan, Kajari Kab. Balangan beserta Staf, Kepala Pengadilan Negeri Kab. Balangan, Danramil Paringin, PJU Polres Balangan dan Kapolsek Jajaran serta tamu undangan lainnya.

Dalam menyambut Hari Bhayangkara ke-74 ini, sejak awal bulan Juni lalu Polres Balangan telah melakukan beberapa kegiatan sosial layaknya pembagian sembako bagi masyarakat terdampak Covid-19, donor darah, pembagian masker dan vitamin, dan ziarah rombongan ke Taman Makam Pahlawan Aseri di Kec, Juai.

Presiden RI Joko Widodo dalam amanatnya di kegiatan Upacara Virtual tersebut menekankan tujuh instruksi sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas Polri.

Pertama Presiden menginstruksikan agar Polri terus memegang teguh serta mengamalkan nilai – nilai luhur Tribrata dan Catur Prasetya dalam setiap pelaksanaan tugas, serta menjaga kehormatan, kepercayaan dan kebanggaan sebagai anggota Polri.

Kedua, terus melakukan reformasi diri secara total, membangun sistem dan tata kelola yang partisipatif, transparan dan akuntabel serta membangun kultur kerja Polri yang profesional, modern dan terpercaya.

Ketiga, terus memantabkan soliditas internal, memperkuat sinergi dengan TNI dan seluruh elemen Pemerintah maupun masyarakat untuk menghadapi tantangan yang semakin kompleks. Keempat, terus menerapkan strategi proaktif serta tindakan persuasif dan humanis dalam menangani masalah sosial yang terjadi ditengah masyarakat.

Kelima, terus meningkatkan pelayanan publik yang modern dan profesional, melakukan penanganan hukum secara transparan dan berkeadilan sehingga Polri semakin dipercaya masyarakat. Keenam, terus menjaga kedisiplinan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan agar masyarakat produktif dan aman dari COVID-19. Ketujuh, harus ikut mendukung proses pemulihan ekonomi nasional sesuai kewenangan Polri dengan penuh tanggung jawab.

“Dirgahayu Kepolisian Negara Republik Indonesia, teruslah menjadi Rastra Sewakottama, Abdi utama nusa dan bangsa,” ucap Presiden Jokowi menutup pidatonya.

Setelah kegiatan Upacara Hari Bhayangkara ke-74 secara virtual dilanjutkan dengan acara syukuran Polres Balangan dan beberapa agenda tambahan seperti pemberian penghargaan dari Kapolda Kalsel kepada Bupati Balangan dan Dandim 1001 Amuntai/Balangan atas sinergitas dalam penanganan virus Covid-19, penyerahan penghargaan kepada Anggota Polres Balangan yang berprestasi dalam melakukan ungkap kasus Narkotika.

Selain itu Kapolres Balangan turut memberikan penghargaan kepada para Kepala Desa yang berperan optimal dalam penanganan Covid-19 di Kab. Balangan dan pembagian Voucher PNBP SIM kepada masyarakat yang lahir di tanggal 01 Juli.