Mafindo: Viral Mobil Berstiker Prabowo-Sandi masuk Jurang Hindari Jalan Infrastruktur, Itu Hoax

Kabar Hoax News
Bagikan Berita

747 total views, 3 views today

kabarpolri.com – Jakarta, viral mobil berstiker Prabowo-Sandi terlihat masuk ke jurang. Seperti yang diunggah akun Facebook (FB) atas nama Muhammad Riski Aditya.

Dalam unggahannya, foto tersebut sudah terdapat caption “Berusaha menghindari kepungan infrastruktur jokowi,sebuah mobil mengalami kecelakaan berat, semoga para penumpang tidak mengalami kerusakan otak yg sama,”. Oleh Riski juga menuliskan narasi sebagai berikut: “Hahahaa selamat Mudik!!!”.

Hasil penelusuran yang dilakukan Septiadji Eko Nugroho, relawan Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) diketahui bahwa foto yang dipergunakan adalah kecelakaan yang terjadi di jurang kawasan Pasuruan, pada 5 November 2016. Para korbannya adalah mahasiswa UGM yang sedang praktik di RSJ Lawang.

“Lalu, mobil jenis Avanza dengan warna polos itu dimanipulasi dengan ditambahkan gambar tim kampanye Prabowo Sandi,” terangnya.

Dengan demikian, ditegaskan Eko, kecelakaan di Pasuruan itu tidak ada kaitannya dengan Pemilu 2019 dan infrastuktur pemerintahan. “Karena kejadian pada 2016 belum ada kampanye untuk Pemilu 2019,” ujar Eko, Sabtu (8/6/2019)

Sehingga, sesuai First Draft News, konten yang dibagikan akun Riski ini adalah kategori konten yang dimanipulasi. “Dimana ketika informasi atau gambar yang asli dimanipulasi untuk menipu,” tegas Eko.(hy/by/an)