Hasil Sidang Isbat, Kemenag tetapkan Hari Raya Idul Adha 2019 Minggu 11 Agustus

Bagikan Berita

93 total views, 3 views today

kabarpolri.com – Jakarta, Kementerian Agama (Kemenag) menetapkan hari raya Idul Adha pada 11 Agustus 2019, dalam sidang isbat yang digelar di Auditorium HM Rasjidi, Kemenag, Jalan MH Thamrin No.6, Jakarta Pusat pada kami (01/08/2019) kemarin. Serta, dalam sidang isbat tersebut ditetapkan Zulhijjah 1440 H jatuh pada Jumat (02/08/2019).

“Dengan demikian, kita putuskan bahwa 1 Zulhijjah jatuh pada hari Jumat 2 Agustus 2019 dengan begitu, bahwa 10 Zulhijjah atau hari raya Idul Adha jatuh pada Ahad 11 Agustus 2019. Itulah hasil sidang isbat pada malam ini,” kata Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kemenag Muhammadiyah Amin saat jumpa pers di Kemenag, Kamis (01/08/2019).

Untuk penentuan kapan Idul Adha 2019, berdasarkan hasil pemantauan hilal yang disebar di 92 titik diseluruh Indonesia. Dari 92 titik tersebut, sudah terdapat 10 pemantau yang melihat keberadaan hilal.

 

“Untuk melakukan konfirmasi atas posisi hilal tersebut, maka pada saat ini kita lihat sebanyak 92 titik. Berdasarkan laporan dari beberapa area yang melihat hilal dan telah disumpah ada 10 titik yang melihat langsung,” tuturnya.

Diketahui sebelumnya, sidang isbat dihadiri Majelis Ulama Indonesia (MUI); para Duta Besar Negara Sahabat; Komisi VIII DPR, Mahkamah Agung, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG); Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN); Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institus Teknologi Bandung (ITB); Planetarium; pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama; tim hisab dan rukyat Kementerian Agama.

Amin juga mengatakan, “Sidang Isbat wujud kebersamaan Kemenag dengan ormas Islam dan instansi terkait dalam menetapkan awal bulan qamariyah, terutama Ramadan, Syawal, dan Zulhijjah,” ujarnya. (hy/by/kik).

About Us | Contact Us | Redaksi | Kode Etik Jurnalistik
error: Content is protected !!